we make markets. worldwide.



Tendence - The Trendsetting Trade Fair for Interior Lifestyle & Gifts Premium
04 July 2020

Heimtextil: The International Trade Fair for Home & Contract Textile
11 January 2022

Christmasworld - The World's Leading Trade Fair for Seasonal & Festive Decorations
28 January 2022

Ambiente - The Biggest International Trade Fair for Consumer Goods
11 February 2022

Paperworld - The International Trade Fair for Stationery, Office Supplies & Writing Instruments
29 January 2022

Musikmesse - The International Trade Fair for Musical Instruments, Sheet Music, Music Production and Marketing
22 October 2021

Prolight + Sound - The International Trade Fair for Technologies & Services for Entertainment, Integrated Systems and Creation
26 April 2022

ISH - The World's Leading Trade Fair for the Bathroom Experience, Building, Energy, Air-conditioning Technology, Renewable Energies
22 March 2021

IFFA - The Leading International Trade Fair for the Meat Industry
14 May 2022

Hong Kong International Stationery Fair - Asia's Key Trade Event for Stationery
10 January 2022

Intertextile Shanghai Home Textiles - China International Trade Fair for Home Textile & Accessories
10 March 2021

Paperworld China - China International Trade Fair for Stationery & Office Supplies
15 October 2021

Paperworld Middle East - The International Trade Fair for Paper Products, Office Supplies & Stationery
14 December 2021

Beautyworld Middle East - The Largest International Trade Fair for Beauty Products, Hair, Fragrance & Well being in Middle East
05 October 2021

Texprocess - Leading International Trade Fair for Processing Textile & Flexible Materials
04 May 2021

Light + Building - The World's Leading Trade Fair for Lighting & Building Services Technology
13 March 2022

Texworld USA: The International Trade Fair for Fabrics, Trims & Accessories
12 January 2021

Creativeworld - The International Trade Fair for Hobbies, Arts & Crafts and Artists' Requisites
29 January 2022

Automechanika - The World's Leading Trade Fair for the Automotive Industry
14 September 2021

Techtextil - The Leading International Trade Fair for Technical Textiles
21 June 2022

Intersec Dubai - The World's Leading Trade Fair for Security, Safety & Fire Protection
16 January 2022

Hypermotion - NEW, The International Trade Fair for The Transport System of Tomorrow
14 September 2021

ISH India - The International Trade Fair for Plumbing, Sanitation, Bathroom & Kitchen, Renewable Energy and Home Automation Systems
20 May 2021

Interpets Asia Pacific - The International Fair for Better Life with Pets
01 April 2021

Automechanika Dubai - The International Trade Fair for The Automotive Industry
14 December 2021

Yarn Expo (Autumn) - The International Trade Fair for Fibres and Yarns
25 August 2021

Interior Lifestyle Tokyo - The International Trade Fair Lifestyle Concept in Interior Design
19 May 2021

IFFT/Interior Lifestyle Living - The International Trade Fair for High-End Design and Products
18 October 2021

Techtextil North America - The International Trade Fair for Technical Textile and Nonwovens
23 August 2021

Beautyworld Japan - The International Trade Fair for Beauty and Spa Industry
19 April 2021

Automechanika Shanghai - The largest trade fair for automotive parts, accessories, equipment and services in Asia
24 November 2021

Automechanika Ho Chi Minh City - The Leading Regional Trade Fair for the Automotive Service in Vietnam
30 June 2021

Yarn Expo (Spring) - The International Trade Fair for Fibers and Yarns
10 March 2021

CINTE Techtexhtil - Asia's Leading Trade Fair for Technical Textile and Non woven Products
02 September 2020

PT Dianta Mitrafairindo Internasional
Jl. Raden Saleh No. 6
Wisma Nugraha Lt. 4, R. 401
Jakarta 10430

Tel.: +62 21 3190 4340
Fax: +62 21 3190 4341
info@dianta.co.id

News

Ambiente: A Great Place to be Inspired

“Ambiente is a meeting point for a wide range of exhibitors, offering a vast range of products and attracting high-calibre buyers from all over the world. So products are not only superbly showcased, but also discovered as sales hits and therefore ordered on site – which is exactly what companies would like to see. After all, it’s all about gaining business and opening up new markets for themselves.” says Nicolette Naumann, Vice President Ambiente.

Kutipan diatas dari Vice President Ambiente mengarah pada kesempatan peningkatkan bisnis transaksi maupun terciptanya pasar baru. Memang itulah fokus utama dari sebuah trade fair seperti Ambiente. Menawarkan kesempatan lebar akan terbukanya pintu transaksi, konektivitas, hingga exchanging ideas. Sebagai salah satu wadah festival dagang terbesar dunia, sangat wajar jika Ambiente Frankfurt terus kian meningkatkan kreativitas, kualitas termasuk perubahan-perubahan yang dibutuhkan untuk menyesuaikan pergeseran yang terjadi di era e-commerce ini.

Penulis mendapat undangan liputan untuk menyaksikan Ambiente 2018 yang berlangsung dari tanggal 9-13 February 2018 lalu. Ambiente Frankfurt adalah sebuah ajang pameran yang cukup partikuler dengan kekuatan menawarkan inspirasi dan tren terbaru hingga terjadinya transaksi bisnis maupun terciptanya pasar baru. Yang membuat  berbeda adalah bahwa Ambiente lebih fokus pada presentasi jajaran consumer goods (produk-produk yang terkait dengan memasak, barang rumah tangga, perhiasaan, aksesoris, fashion dan interior serta furniture). Produk-produk terbaru dari setiap kategori dikemas dalam tiga kategori penting ( Dining, Living dan Giving) dengan harapan bisa menjadi inspirasi dan tren dalam tahun yang bersangkutan. Penulis ingat bahwa Ambiente beberapa tahun silam pernah menampilkan dalam beberapa lantai produsen yang bersangkutan dengan mesin kopi, gelas kopi dan lainnya. Ini terjadi sebelum meledaknya budaya kopi seperti sekarang.

Apa yang menarik dari barang consumer goods yang berhubungan dengan rumah tangga? Tentunya adalah interaksi manusian setiap harinya dalam hunian dengan rutinitas memasak, menjamu dirumah, membuat rumah lebih cantik atau tampil prima dalam setiap musim. Produk-produk ini lah yang ditampilkan dengan gagasan baru untuk menggoda emosi pengujung maupun pembeli. Dari piring porselen terbaru hingga gelas minum maupun yang sedang naik daun adalah ragam gelas anggur, gelas bir hingga gelas champagne dan sejenisnya. Perpaduan motif, design baru dan lama, warna dan ragam bentuk dipamerkan dalam kategori Dining. Jangan lupa kategori Dining terdiri dari beberapa gedung terpisah Ada beberapa label tak terlupakan seperti ASA Selection, Ritzenhoff, Maxwell & Williams, Swiesel, Kahler, Kitchen Aid, Rosenthal, Koziol, Legoanart, Alessi, Cutipol, Shtox, Stelton, Royal Porcelain Kingdom of Thailand, PT Sango Ceramics Indonesia, Ghidini Italy, Smeg dan banyak lainnya. Di stan Ritzenhoff, penulis bertemu dengan desainer ternama German yang pernah ke Jakarta yaitu Michael Sieger dan Christian Sieger. Kakak beradik ini terlibat dalam mengkonseptualisasikan perayaan 25 tahun label Ritzenhoff. Hasilnya sejumlah produk gelas baru untuk berbagai jenis minimum seperti bir, champagne, wine tampil dengan spirit kontemporer. Kategori Living dan Dining sama-sama mempresentasikan variasi produknya dengan menawan yang bertujuan mengundang atau membuka pintu transaksi selebar mungkin.

Bagi para journalis, Ambiente menawarkan opsi program bermanfaat sepert "Designer Tour", "Speed Dating", "Guided Tour for the Press" hingga tawaran Dinner di Senckerberg Natural History Museum. Mengikuti Designer Tour cukup mengesankan, terutama dipadu secara terpisah oleh professor desain Mark Braun dan professor Hansjerg Maier-Aichen. Para journalis diajak kebeberapa stan pilihan dan sambil memperkenalkan produk terbaru hingga cetak biru atau karakter desain dari masing-masing label. Sementara ‘Speed Dating’ menawarkan presentasi cepat pilihan produk-produk terbaru yang unik maupun dengan inovasi terkini.

Ambiente sebagai ajang festival dagang terbesar bukan sekadar wadah raksasa pameran. Melainkan juga menawarkan beberapa presentasi khusus yang bermanfaat bagi pengunjung. Misalnya tahun ini ada ‘Do Ducth’ yang memamerkan produk-produk hasil desainer berbakat dari negara Belanda. Ada presentasi yang sangat mengesankan yaitu ‘Trend 2018’ yang berjudul ‘Fusion Link Connection’. Dikemas dengan apik dalam 4 kategori (4 presentasi stan) yaitu Modest Regenerations, Colourful Intentions, Technological Emotions dan Opulent Narrations. Menggambarkan pengaruh tradisi, peran teknologi hingga inovasi futuristik.

Di bagian ‘Talents’, desainer terpilih untuk memamerkan produknya dibagi dalam 3 kategori yaitu Dining (Hall 4.0)Fashion Accessories (Hall 9.2) dan Interior Decoration ( Hall 11.0). Untuk tahun 2018, desainer produk Indonesia terpilih yaitu Freddy Chrisswantara, lulusan ITB Bandung. Freddy memperlihatkan produk rajutan tangan dari tanaman pakis yang dikelola perusahan Hang Ugan di Sumatra Selatan dengan memperdayakan para pengrajin wanita setempat. Produk hasil ketrampilan tangan halus tingkat tinggi dan sangat unik ini dihadirkan dalam beberapa produk interior. Menurut Freddy, cukup banyak pertanyaan yang datang mengenai hasil produk dia.

Suksesnya sebuah desain tidak lepas dari kemungkinan dipalsukan. Ambiente mengangkat isu ini dengan memamerkan jajaran produk asli dengan produk palsu dengan deskripsi yang detil di antara foyer Hall 5.1 dan 6.1. Produk palsu bukan hal baru. Hanya dengan memperluas informasi dan edukasi terus menerus seperti terlihat di ajang Ambiente ini, mampu meningkatkan kesadaran pencinta desain secara umum.

Selama 5 hari pameran, Ambiente dengan luas ruang pameran sekitar 308,000 m² menarik perhatian 308,000 calon pembeli dari 168 negara. Berdasarkan laporan final terdapat 4.441 exhibitiors dari 89 negara dimana 81% dari total exhibitor dari luar negara Jerman. Dan terjadi peningkatan total pengunjung dari beberapa negara seperti pengunjung dari Cina, Korea, Rusia, negara Afrika utara dan selatan, Turkey, Lebanon, Cyprus. Ambiente dengan program-program inovatif dan atraktif menjadi nilai tambah bagi sebuah festival dagang terbesar saat ini. Presentasi produk dari setiap label berupaya sedemikian rupa menjadi ajang inspiratif bagi pengujung, pencinta dekor, desain dan arsitek.

 




Source: sugarandcream.co 

Toolbar-Navigation